Artikel pengertian dan pengetahuan umum yang bermanfaat

Faktor Penyebab Banjir

Faktor Penyebab Banjir. Banjir adalah salah satu bencana alam yang sering terjadi di kota-kota besar di Indonesia seperti di Jakarta, Surabaya, dan kota besar lainnya. Bukan menjadi rahasia umum lagi jika hampir setiap tahun kota-kota besar tersebut selalu menjadi wilayah rutin tahunan yang tertimpa bencana berupa banjir.

Mengapa pada saat sekarang ini Indonesia sering mengalami musibah banjir? Pertanyaan itu sering muncul di kalangan masyarakat terutama bagi mereka yang pernah merasakan indahnya Indonesia yang jauh dari kata banjir. Setidaknya ada dua faktor penyebab terjadinya banjir, diantaranya faktor gejala alam dan faktor manusianya sendiri. Beginilah penjelasan rinci mengenai faktor penyebab banjir.

1. Tingginya Curah Hujan
Untuk masalah faktor penyebab yang pertama ini memang kita sebagai manusia tidak bisa mencegah apalagi mengatur. Semua sudah menjadi kehendak Tuhan sebagai penguasa alam. Tuhan bisa mengatur kapan saja akan menurunkan hujan dan seberapa curah hujan yang akan turun. Dalam hal ini manusia hanya bisa meramalkan melalui lembaga yang dinamakan Badan Meteorologi dan Geofisika. Biasanya, hujan turun dengan debit curah air yang sangat tinggi adalah sekitar bulan desember hingga februari. Tiga bulan itulah Indonesia bisa hampir setiap hari diguyur hujan deras siang dan malam. Itulah yang membuat sungai-sungai menjadi penuh dan apabila penampung atau resapan yang ada di jalanan juga tidak bisa menampung, maka akan menyebabkan adanya bencana banjir.

2. Faktor Tindakan Manusia
Pada faktor penyebab banjir yang selanjutnya adalah yang berkaitan dengan tindakan manusia sebagai penduduk di bumi. Ada beberapa hal salah yang dilakukan manusia sebagai pemicu terjadinya bendana banjir, diantaranya:

3. Tumpukan sampah
Faktor penyebab banjir yang paling sering dilakukan oleh masyarakat luas adalah membuang sampah sembarangan. Sebenarnya, apabila sampah baik itu dalam rumah tangga maupun sampah pabrikasi tidak dibuang sembarangan, maka bencana banjir masih bisa teratasi. Pembuangan sampah sembarangan seperti di sungai-sungai dan selokan dapat membuat saluran atau jalannya air menjadi tersumbat. Saat air hujan turun begitu deras, aliran air tidak akan berjalan sebagaimana mestinya dan akhirnya meluap hingga ke jalanan. Itulah yang membuat banjir bisa terjadi rutin di tiap tahunnya.

4. Perusakan Lahan
Lahan yang dimaksud di sini adalah tanah atau area pertambangan yang sengaja digali secara liar untuk memenuhi kepentingan seseorang atau sebuah kelompok. Saat ini hal itu sering terjadi. Lahan yang bisa menjadi tempat peresapan yang baik bagi air karena terbuat dari tanah, menjadi hilang dan bahkan bisa menimbulkan bencana lain yakni tanah longsor.

5. Penebangan Hutan
Hutan merupakan jantungnya dunia. Di area hutan dengan berjuta tumbuhan hidup itulah, udara menjadi semakin segar dan bahkan dapat menjadi tempat penyimpanan bagi air. Untuk kemudian dialirkan lagi ke manusia dalam bentuk oksigen segar. Jika hutan ditebang secara terus menerus maka banjir tahunan tidak bisa dikendalikan lagi.

6. Maraknya Pemukiman Liar
Di kota-kota besar seperti jakarta, pembangunan pemukiman yang liar seperti di atas sungai bisa menyumbangkan sampah rumah tangga yang berlebih. Dan pada akhirnya banjir rutin tahunan akan selalu terjadi.

Faktor Penyebab Banjir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: resep nusantara